Name:
Location: Jogjakarta, Indonesia

Your profile will not be shown if it is not shared

3.04.2003

supernova diprotes kaum hindu

Surat resmi yang dilengkapi dengan nomor surat itu berjudul: Pernyataan Sikap Generasi Muda Hindu Indonesia atas Pencantuman Lambang OMKARA pada Buku Supernova Karya Dewi Lestari, dan ditujukan "Kepada Yth. Sdr.Dewi Lestari di Jakarta". Adapun yang dimaksud dengan lambang OMKARA tak lain gambar yang menghisi sampul buku "Supernova 2.1: Akar".

"Kami selaku generasi muda Hindu Indonesia dengan ini menolak dicantumkannya lambang OMKARA/AUM yang merupakan aksara suci BRAHMAN Tuhan Yang Maha Esa dalam HINDU sebagai cover dari sebuah buku yang tidak ada hubungannya dengan Kitab Suci atau buku buku keagamaan Hindu," demikian bunyi butir pertama surat pernyataan tersebut.

Bagi umat Hindu, Omkara merupakan aksara suci agama, layaknya "Allah SWT" dalam Islam ataupun salib yang melambangkan Yesus dalam Kristen. Maka, forum tersebut "memberikan peringatan kepada saudara Dewi Lestari sebagai seorang intelektual agar berhati hati dalam pemilihan simbol simbol keagamaan". Lebih jauh dikatakan, "Kami sangat menghargai isi dari novel Supernova yang merupakan salah karya sastra di Indonesia, namun kami memohon dengan segala kerendahan hati kepada saudara Lestari untuk segera menarik dan mengganti buku novel Sipernova II yang terdapat simbol Omkara pada covernya".

Forum memberikan waktu kepada Dee dan penerbitnya untuk memenuhi tuntutan tersebut dalam waktu satu bulan sejak Pernyataan Sikap tersebut disiarkan. detikhot.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home